Out Chat!

Join The Community

My DeviantArt

Jumat, 21 Januari 2011

Perjalanan Panjang Sebuah Penemuan Mercedes

Perjalanan Panjang Sebuah Penemuan
MENYAMBUT perayaan 125 tahun Daimler AG, PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI) menyajikan kilas balik masa di mana Mercedes-Benz memulai tonggak kepemimpinannya. Dengan kilasan kisah yang tersebut, Mercedes-Benz berharap publik Indonesia, dapat memahami alasan Mercedes-Benz pantas diklaim sebagai pemimpin di dunia otomotif.

Cinta penemuan yang tak pernah mati

Dari Benz Patent-Motorwagen pada 29 Januari 1886, Carl Friedrich Benz untuk pertama kali mengajukan paten di Berlin untuk kendaraan bermotor roda tiga yang diciptakannya. Hari bersejarah itu ditetapkan secara resmi sebagai hari kelahiran, di mana pada tahun 2011 memasuki perayaan ulang tahun ke-125. Berbarengan dengan Benz, di saat itu Gottlieb Wilhelm Daimler juga membangun kendaraan bermotor empat roda pertama.

Kendati pada awalnya keduabelah pihak membangun secara perseorangan, namun itulah tonggak berdirinya Daimler AG, perusahaan yang secara global telah sukses menempatkan merek utama Mercedes-Benz sebagai batu pondasi untuk semua mobil-mobil penumpang, kendaraan komersial, dan bus-bus yang hadir saat ini.

Sejak saat itu pula perusahaan ini telah menciptakan kendaraan bermotor yang sangat berbeda dan memiliki ketahanan yang lebih baik daripada yang diproduksi produsen-produsen kendaraan lainnya. Semua keunggulan mencakup berbagai area, termasuk teknologi penggerak untuk kenyamanan dan keselamatan hingga desain.

Inovasi juga selalu menjadi kunci sukses untuk perusahaan mobil yang telah menetapkan langkah penting di masa mendatang. Tanpa keberanian mencari ide-ide baru, tidak akan ada kendaraan bermotor; dan tanpa inovasi, tidak akan ada kemajuan.

Mercedes-Benz, penemu kendaraan bermotor, selalu menjadi yang terdepan dalam perkembangan model transportasi. Perusahaan ini telah mencatat lebih dari 80.000 hak paten sejak 1886, tahun di mana Carl benz dan Gottlieb Daimler, masing-masing memperkenalkan 'Patent-Motorwagen' and 'motorised carriage'.

Sebagai sebuah mobil pertama di dunia, Benz Patent-Motorwagen telah menjadi simbol pionir bagian dari semangat kesempurnaan. Berawal dari rekayasa kendaraan roda tiga, model mobilitas telah mencapai era baru di hari ini. Kendaraan bermotor Daimler telah menjadi kendaraan bermotor pertama dengan roda empat.

Kedua kendaraan tersebut mewakili awal dari kisah sukses unik, sebuah cerita yang secara berkesinambungan terus berlangsung dan memunculkan tahapan-tahapan baru yang dimotori oleh Mercedes-Benz. Seiring langkah waktu, perusahaan berbasis di Stuttgart, Jerman, ini telah menjadi pemicu pergantian kendaraan kereta kuda.

Perusahaan yang sempat dikritik tidak memiliki masa depan ini bahkan tak hanya mampu mengubah ikon sebuah kebebasan pribadi, tapi juga telah menjadi faktor penting dalam perekonomian.

Dasar dari seuruh kendaraan penumpang moderen

Bersamaan dengan munculnya bus pertama dan truk pertama, perusahaan ini juga telah membuat tahapan inovasi penting: membuat mobil penumpang pertama yang modern, sebuah Mercedes 35 hp, yang diperkenalkan pada Februari 1900.

Pada pergantian abad, Mercedes 35 hp yang merupakan prototipe dari semua kendaraan penumpang modern, telah menjadi definisi baru yang fundamental dan mendasari arsitektur kendaraan yang berlaku: masa ini sekaligus menandari transisi dari kendaraan motor pengangkut berkaki panjang menjadi kendaraan seperti yang kita ketahui sekarang.

Inonasi teknis yang menentukan terletak pada sumbu roda panjang, jarak pijak roda yang lebar, pusat gravitasi rendah, dan sudut kolom kemudi. Perbaikan-perbaikan ini menciptakan dasar pada sebuah kesan mengemudi yang nyaman dan aman, sesuatu perubahan pertama kali yang menjadi kenyataan yang diberikan sebuah Mercedes.

Selain itu, beberapa karakteristik yang menjadi fitur masa depan juga diperlihatkan, yaitu bentuk kap memanjang dan radiator sarang lebah, di mana keduanya terintegrasi di ujung depan. Desain seperti ini sekaligus telah mencapai sebuah fungsi pendinginan mesin yang sempurna dan tempat untuk menempelkan logo merek sebagai pembeda.

Dengan crankcase aluminium ringan, mesin 4-silinder juga telah menjadi dasar yang dipakai hingga saat ini untuk menghasilkan bobot yang ringan dan bisa ditempatkan pada posisi yang rendah.

Katup exhaust yang dikontrol dari sebuah camshaft juga menjadi kemajuan penting untuk operasional yang lembut dan stabil, baik saatstasioner dan berakselerasi. Prinsip konstruksi dari 'mesin depan, pergerakkan akhir pada roda belakang' yang menjadi tata letak konvesional sistem penggerak juga masih dipertahankan hingga hari ini.

Kendaraan bermotor harian pertama yang modern '35 hp' menjadi kendaraan pertama yang sportif dari merek bernama Mercedes yang telah mencatat sejarah sebagai mobil modern untuk penggunaan harian yang pertama. Banyak manufaktur kendaraan yang menduplikasi konsep inovatif ini yang sekaligus sebuah bukti keunggulan dalam segala hal.

Berkat semangat inovasi dan kreativitas desain, Mercedes-Benz telah berhasil menjadi yang terdepan dalam mendorong kemajuan otomotif. Kemampuan memunculkan ide-ide baru secara berkesinambungan untuk mencapai konsep mobilitas individual, serta membuka wilayah aplikasi terbaru, juga menjadi unsur penting yang tak terlepaskan dari perjalanan sukses Mercedes-Benz.

Hasilnya, kekuatan inovasi ini telah memungkinkan Mercedes-Benz berkembang menjadi produsen otomotif yang mampu menawarkan produk-produk unik dan beragam.

Hari ini, Mercedes-Benz telah memiliki serangkaian model kendaraan, termasuk mobil penumpang kompak, seperti A-Class; dan sedan mewah, seperti S-Class; van seperti Sprinter; bus, seperti Citaro; dan truk besar, seperti Actros. Merek smart juga menambah portofolio produk sebagai mobil yang sangat bermanfaat untuk kebutuhan di dalam kota.

Saat ini smart fortwo yang di kembangkan Mercedes-Benz dan perkenalkan sejak awal era 1980-an telah berhasil menjadi kendaraan untuk penggunaan jarak pendek. Konsep kendaraan dua penumpang itu sendiri telah diubah sejak tahun 1990-an untuk menghasilkan smart fortwo yang bisa kita lihat hari ini. Saat itu, konsep smart fortwo dikembangkan dari dua platform, yaitu A-Class dan smart city coupe.

Waktu terus berjalan, Mercedes-Benz tetap di garis terdepan dalam hal konsep baru berkendara individual dan kemampuan menciptakan segmen pasar baru. Sebagai contoh, SLK, mobil yang diperkenalkan sejak 1996. Model ini merupakan roadster kelas premium pertama berukuran kompak yang hadir di dunia.

Satu tahun kemudian, M-Class muncul sebagai SUV kelas premium pertama. Model ini dikembangkan oleh para engineer Mercedes dengan cara melebur kehebatan teknologi sistem gerak semua roda (all-wheel drive) G-Class yang legendaris dan Unimog. Contoh lain diperlihatkan CLS yang memperlihatkan diri sebagai coupe empat pintu pertama pada 2004.

Lebih dari itu, kemampuan Mercedes-Benz mencapai berbagai inovasi teknis pertama telah membuka jalan bagi konsistensi memainkan peran kuncil penciptaan model-model mobil yang memimpin serta perkembangan transportasi: dari terknologi pergerakkan untuk keselamatan dan kenyamanan, hingga desain.

0 komentar:

Posting Komentar