Out Chat!

Join The Community

My DeviantArt

Jumat, 21 Januari 2011

Serangan Kriminal di Facebook Meningkat?

Serangan Kriminal di Facebook Meningkat
sebuah survei menunjukkan bahwa serangan cyber ke Facebook dan situs jejaring sosial terus
meningkat, dan cenderung mengkhawatirkan.

Dari laporan perusahaan keamanan teknologi informasi Sophos menyebutkan sebanyak 40% pengguna jejaring sosial telah dikirimi malware seperti worm pada 2010. Jumlah itu meningkat 90% sejak April 2009.

Jumlah pengirim spam melalui jejaring sosial mencapai 67%, dan sebanyak 43% pengguna situs jejaring sosial menerima serangan phising. Jumlah itu meningkat lebih dua kali lipat sejak April 2009.

Sophos juga menyebutkan dari 82% responden Facebook yang jumlahnya setengah miliar itu, memiliki risiko terbesar terhadap keamanan di jejaring sosial.

Pada umumnya para pengguna mengeluhkan sistem aplikasi yang terdapat di Facebook yang cukup rawan terhadap serangan spam atau kriminal di dunia maya (cybercriminal).

Graham Cluley konsultan teknologi senior di Sophos mempertanyakan mengapa Facebook dan jejaring sosial lainnya tidak tanggap terhadap kejahatan di dunia maya, sebagaimana pernah dialami para penggunanya.

''Para pengguna harus hati-hati bila tidak ingin ditipu. Sebab sekali Anda salah mengeklik link, bisa menjadi sasaran penipu. Bahkan seringkali link yang dibuka bisa menginfeksi komputer Anda,'' kata Cluley yang memprediksikan pada tahun depan bentuk-bentuk kejahatan di dunia maya akan menyerang iPad.

0 komentar:

Posting Komentar